Forum Grup Discussion UNSURYA Implementasikan kegiatan belajar diluar kampus MBKM untuk pengabdian kepada masyarakat di kampung nelayan Kondang Merak Malang Selatan

Bisnismetro.id, MALANG – Kondisi Kampung nelayan Kondang Merak yang enclave di dalam hutan lindung tersisa di Malang Selatan, menjadi tantangan tersendiri terhadap ketiadaan pasokan listrik. Selama ini warga mencari cara, melakukan sendiri pemenuhan kebutuhan energi listrik rumah tangga mereka, antara lain dengan menggunakan genset dan alternatif pilihan lain, salah satunya energi terbarukan, tenaga surya.

“Dua peneliti dari fakultas Teknik Industri, Bersama dengan sebelas mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, terpanggil untuk menyelesaikan permasalahan diatas untuk menjalankan penelitian yang merupakan salah satu kegiatan belajar diluar kampus untuk program MBKM” ucap ketua LPPM, Senin(10/01/22).

Dengan memanfaatkan “Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis Hasil Penelitian Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2021”

Berawal dari ide yang pemenuhan kebutuhan dasar nelayan Bina Karya Mina pantai kondang merak akan kebutuhan es batu untuk penangan hasil penangkapan ikan nelayan, diskusi-diskusi intensif dilakukan bersama para rekanan, untuk mengetahui bagaimana akal permasalahan dengan keterbatasan, salah satunya adalah ketersediaan tenaga listrik yang mampu untuk freezer es/pendingin ikan dengan menggunakan teknologi tenaga surya. Agar semua bisa terpasang dengan baik, maka diperlukan kalkulasi baik secara teknis maupun biaya.

“Hal ini dikarenakan teknologi tenaga surya yang secara hitungan beban benar, untuk juga peralatan yang kelas khusus, teknologi energi terbarukan yang ramah lingkungan tepat guna dan bermanfaat untuk penguatan dan pengembangan ketahanan pangan warga khususnya bidang ikan tangkap” ucap Teguh Santoso, Rabu (12/01/2022).

Akhirnya dari kalkulasi biaya kebutuhan dan beban bisa direalisasi, dengan bahu membahu kerja Bersama mulai dari penyediaan tempat, perakitan dan pengapian dengan bantuan mitra rumah mandiri energi, sahabat alam Indonesia, warga nelayan kondang merak.(***)

 

sumber: bisnismetro.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.