Program Studi Teknik Industri

Basuki Arianto., ST, MM
(Kaprodi Teknik Industri)

Teknik Industri merupakan suatu bidang keilmuan yang mempelajari bagaimana merancang, mengatur dan mengaplikasikan semua faktor-faktor seperti manusia, mesin, metode, material, lingkungan dan analisis keuangan serta kajian manajerial menjadi suatu sistem dalam lingkup yang berhubungan dengan fungsi industri seperti penelitian dasar, penelitian operasional, pengembangan terhadap suatu produk baru melalui rekayasa industri, desain produk, perancangan sistem kerja dan ergonomi, perawatan mesin, pengendalian kualitas dan mutu, otomasi sistem produksi hingga pada analisa kelayakan pabrik yang mencakup pula kajian manajemen secara komprehensif dan aplikatif.

Kurikulum dan arahan dari para dosen membuat alumninya mampu melakukan analisis komprehensif terhadap berbagai permasalahan di dunia industri manufaktur maupun jasa dan perdagangan serta mampu memberikan kajian yang bersifat adaptif, aplikatif serta memiliki nilai tambah sesuai dengan Visi dan Misi Program Studi Teknik Industri  Unsurya yang merupakan derivatif Visi dan Misi Institut Teknologi Indonesia yaitu Enterpreneur Based on Technology sehingga para alumni Teknik Industri Unsurya dapat melakukan analisis dari perspektif manufaktur dan manajemen secara komprehensif serta inovatif sesuai dengan tantangan dan peluang yang terjadi pada era globalisasi.

Menjadi fakultas yang unggul memanfaatkan ilmu pengetahuan terkini di bidang elektro/kelistrikan, termasuk elektronika kedirgantaraan, di bidang teknik industri termasuk logistik udara, industri manufaktur & jasa alat-alat berat maupun bidang teknologi informatika terdiri atas sistem dan manajemen informatika.

1. Menghasilkan sarjana teknik elektro, teknik industri maupun teknik informatika yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kompetensi bidangnya serta mampu mentransformasikan dalam aplikasi industri, kedirgantaraan, pertahanan dan masyarakat pada umumnya.
2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan iptek yang relevan dalam lingkup kedirgantaraan, industri manufaktur dan jasa, sehingga menghasilkan inovasi-inovasi dan keunggulan dalam bidangnya.
3. Membentuk sarjana profesional yang mampu bekerja dalam lembaga-lembaga publiik, swasta, pertahanan maupun sebagai entrepreneur yang berpikir analitis dan holistik, menjunjung tinggi budaya akademik, memiliki etos kerja dan kaidah moral dan peduli terhadap kepentingan masyarakat.